TUJUAN PEMBELAJARAN
- Santri dapat membaca satu kalimah (suku kata) yang berangkai dengan Cepat Tepat Mandiri (CTM) hurfnya tidak terputus, dan harokatnya tidak memanjang.
- Santri dapat membaca dan membedakan bacaan "A I U" sampai "YA YI YU".
- Santri mengerti dan hafal huruf-huruf Hijaiyy
- Santri dapat menunjukan haroat fathah, kasroh,dan dlommah.
MATERI PEMBELAJARAN
- Membaca "A I U" sampai "YA YI YU".
- Mengerti huruf-huruf Hijaiyyah.
- Mengerti harokat Fathah, Kasroh, dan Dlommah.
SUMBER DAN ALAT BELAJAR
- Tilawati jilid I.
- Buku tabyinuttilawah (pegangan guru)
- Alat peraga Tilawati jilid I.
- Kartu hurf Hijaiyyah.
METODE PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU KBM
- 15 menit Materi Penunjang (membaca doa dll)
- 15 menit Materi Pokok (untuk menjelaskan pokok pelajaran secara klasikal).
- 45 menit untuk indifidual.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Guru menyampaikan salam setelah santri tenang dan dijawab dengan jawabussalam yang benar.
- Guru membaca do'a bersama-sama santri.
- Mendemontrasikan / membacakan pokok pelajaran, kemudian ditirukan seluh santri.
- Guru menyampaikan /menjelaskan pokok pelajaran, sebagai tujuan pembelajaran, dengan kata yang simpel.
- Guru menanyakan pokok pelajaran untuk menguji kefahaman santri.
- Guru membimbing hafalan pokok pelajaran.
- Guru memberi contoh membaca yang baik dan benar dari kanan ke kiri.
- Guru menyebutkan huruf-huruf hijaiyyah dan harokatnya.
- Santri membaca serta menyebutkan huruf hijaiyyah berikut harokatnya secara mandiri.
- Guru mendengarkan dan membenarkan bila terjadi kesalahan.
PENILAIAN PELAJARAN
- Praktek membaca.
- Bentuk soal jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar