TUJUAN PEMBELAJARAN
- Santri dapat membaca ayat-ayat pendek dan panjang dengan baik dan benar.
- Santri dapat membedakan bacaan jelas dan dengung.
- Santri menguasai setandar dengung dan standar panjang Mad Far'i.
- Santri mengerti perubahan hukum bacaan.
- Santri mengerti dan hafal tiap-tiap materi pokok.
MATERI PEMBELAJARAN
- Membaca ayat-ayat pendek dan panjang.
- Mengerti setandar dengung dan standar panjang Mad Far'i.
- Mengetahui perubahan hukum bacaan.
- Menulis huruf dan angka Arab.
SUMBER DAN ALAT BELAJAR
- Tilawati jilid 4
- Buku Tabyinut Tilawah.
- Alat peraga Tilawati jilid 4.
- Buku Tahsinul Kitabah.
- Buku / panduan Makhorijil Huruf dan Sifatil Huruf.
METODE PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU KBM
- 15 menit materi penunjang (membaca doa dll).
- 20 menit materi pokok (untuk menjelaskan pokok pelajaran secara klasikal).
- 40 menit untuk baca simak.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Guru menyampaikan salam setelah santri tenang dan dijawab dengan jawabussalam yang benar.
- Guru membaca doa bersama-sama santri.
- Mendemontrasikan / membacakan pokok pelajaran, kemudian ditirukan seluruh santri.
- Guru menyampaikan / menjelaskan pokok pelajaran sebagai tujuan pembelajaran, dengan kata yang simpel.
- Guru menanyakan pokok pelajaran untuk menguji kefahaman santri.
- Guru membimbing hafalan pokok pelajaran.
- Guru memberi contoh membaca yang baik dan benar dari kanan ke kiri.
- Guru menyebutkan huruf-huruf hijaiyyah dan harokatnya.
- Santri membaca serta menyebutkan huruf hijaiyyah berikut harokatnya secara mandiri. Guru mendengarkan dan membenarkan bila terjadi kesalahan.
PENILAIAN PELAJARAN
- Praktek membaca.
- Bentuk soal jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar