TUJUAN PEMBELAJARAN
- Santri dapat membaca satu kalimat atau lebih dengan baik dan benar.
- Santri dapat membaca "AN IN UN" dengan tepat.
- Santri dapat menunjukan harokat tanwin dan lainnya.
- Santri dapat membaca dan membedakan bacaan pendek dan panjang.
- Santri dapat membaca bacaan Lin dengan benar.
- Santri mengerti dan hafal tiap-tiap materi pokok.
- Santri mengerti angka Arab.
- Santri dapat menulis huruf dan angka Arab.
MATERI PEMBELAJARAN
- Membaca kalimat dan ayat-ayat pendek.
- Mengerti harokat tanwin dan lainnya.
- Mengerti bacaan panjang dan pendek.
- Menulis huruf dan angka Arab.
SUMBER DAN ALAT BELAJAR
- Tilawati jilid 2.
- Buku Tabyiinuttilawah.(pegangan guru).
- Alat peraga Tilawati jilid 2.
- Buku Tahsinul Kitabah.
METODE PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU KBM
- 15 menit materi penunjang (membaca doa dll).
- 20 menit materi pokok (untuk menjelaskan pokok pelajaran secara klasikal).
- 40 menit untuk indifidual.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Guru menyampaikan salam setelah santri tenang dan dijawab dengan jawabussalam yang benar.
- Guru membaca doa bersama-sama santri.
- Mendemontrasikan / membacakan pokok pelajaran, kemudian ditirukan seluruh santri.
- Guru menyampaikan / menjelaskan pokok pelajaran, sebagai tujuan pembelajaran, dengan kata yang simpel (dalam kolom bawah).
- Guru menanyakan pokok pelajaran untuk menguji kefahaman santri.
- Guru membimbing pokok pelajaran.
- Guru memberi contoh membaca yang baik dan benar dari kanan ke kiri.
- Guru menyebutkan huruf-huruf hijaiyyah dan harokatnya.
- Santri membaca serta menyebutkan huruf hijaiyyah berikut harokatnya secara mandiri,. Guru mendengarkan dan membenarkan bila tejadi kesalahan.
PENILAIAN PELAJARAN
- Praktek membaca.
- Bentuk soal jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar