TUJUAN PEMBELAJARAN
- Santri dapat membaca ayat-ayat pendek dan panjang dengan baik dan benar.
- Santri dapat membaca surat-surat pendek dengan tartil dan fashohah.
- Santri dapat membedakan bacaan jelas dan dengung.
- Santri dapat mempraktekan bacaan waqof pada akhir kalimat.
- Santri mengerti dan hafal tiap-tiap materi pokok.
- Santri menghafal surat-surat pendek.
MATERI PEMBELAJARAN
- Membaca ayat-ayat pendek dan panjang.
- Membaca surat-surat pendek.
- Mengerti praktek bacaan waqof pada akhir kalimah.
- Menghafal surah-surah pendek.
- Menulis huruf dan angka Arab.
SUMBER BELAJAR
- Tilawati jilid 5.
- Buku Tabyinut Tilawah.
- Alat peraga Tilawati jilid 5.
- Buku Tahsinul Kitabah.
METODE PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU KBM
- 15 menit materi penunjang.
- 20 menit materi pokok.
- 40 menit untuk baca simak.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Guru menyampaikan salam setelah santri tenang dan dijawab dengan jawabussalam yang benar.
- Guru membaca doa bersama-sama santri.
- Mendemontrasikan / membacakan pokok pelajaran kemudian ditirukan seluruh santri.
- Guru menyampaikan / menjelaskan pokok pelajaran, sebagai tujuan pembelajaran, dengan kata yang simpel.
- Guru menanyakan pokok pelajaran untuk menguji kefahaman santri.
- Guru membimbing hafalan pokok pelajaran.
- Guru memberi contoh membaca yang baik dan benar dari kanan ke kiri.
- Guru menyebutkan huruf-huruf hijaiyyah dan harokatnya.
- Santri membaca serta menyebutkan huruf hijaiyyah berikut harokatnya secara mandiri. Guru mendengarkan dan membenarkan bila terjadi kesalahan.
PENILAIAN PELAJARAN
- Praktek membaca.
- bentuk soal jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar