TUJUAN PEMBELAJARAN
- Santri dapat membaca satu kalimat atau lebih dengan baik dan benar.
- Santri dapat membedakan perubahan bacaan yang disebabkan perbedaan takanan pada tiap-tiap huruf yang disukun.
- Santri sedikit banyak dapat membedakan masing-masing suara huruf dari aspek makhraj dan sifatnya, sehingga tidak terjadi Lahn Jali (kesalahan yang fatal).
- Santri mengerti perubahan hukum bacaan dan dapat membedakan bacaan jelas dan dengung.
- santri mengerti dan hafal tiap-tiap materi pokok.
MATERI PEMBELAJARAN
- Membaca kalimat dan ayat-ayat pendek serta panjang.
- Mengerti tekanan pada makhraj huruf yang bersukun.
- Mengerti perbedaan suara huruf dari aspek makhraj dan sifat.
- Menulis huruf dan angka Arab.
SUMBER DAN ALAT BELAJAR
- Tilwati jilid 3
- Buku Tabyinuttilawah (pegangan guru)
- Alat peraga Tilawati jilid 3.
- Buku Tahsinul Kitabah.
- Buku / panduan Makhorijil Huruf dan Shifatil Huruf.
METODE PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU KBM
- 15 menit materi penunjang (membaca doa dll).
- 20 menit materi pokok (untuk menjelaskan pokok pelajaran secara klasikal).
- 40 menit untuk baca simak.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Guru menyampaikan salam setelah santri tenang dan dijawab dengan jawabussalam yang benar.
- Guru membaca doa bersama-sama santri.
- Mendemontrasikan / membacakan pokok pelajaran, kemudian ditirukan seluruh santri.
- Guru menyampaikan / menjelaskan pokok pelajaran, sebagai tujuan pembelajaran, dengan kata yang simpel (dalam kolom bawah).
- Guru menyampaikan pokok pelajaran untuk menguji kefahaman santri.
- Guru membimbing hafalan pokok pelajaran.
- Guru memberi contoh membaca yang baik dan benar dari kanan ke kiri.
- Guru menyebutkan huruf-huruf hijaiyyah dan harokatnya.
- Santri membaca serta menyebutkan huruf hijaiyyah serta harokatnya secara mandiri. Guru mendengarkan dan membenarkan bila terjadi kesalahan.
PENILAIAN PELAJARAN
- Praktek membaca.
- Bentuk soal jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar